Sunday, 20 May 2018

GELAR TUBAGUS UNTUK KETURUNAN KANJENG NABI MUHAMMAD S.A.W. YANG BERADA DI BANTEN"

"MENGASAH SEBUAH SEJARAH BANTEN,
GELAR TUBAGUS UNTUK KETURUNAN KANJENG NABI MUHAMMAD S.A.W. YANG BERADA DI BANTEN"
Asal-Usul Nama Tubagus
Tubagus itu berasal dari kata RATUBAGUS...Ratubagus itu gelar yang diberikan kepada keluarga kesultanan Banten.
Belanda banyak membantai orang2 bergelar Ratubagus. Akhirnya Ratubagus diubah menjadi Tubagus.
Bila dirunut dari berbagai sumber, sebetulnya Tubagus itu adalah gelar “sayyid” untuk keturunan Rasulullah yang diterapkan di Banten, kalo di arab saudi mungkin ada gelar 'Habib' dan di iran mungkin ada 'Sayyid' di Banten ada 'Tubagus'.ini bukan gelar kebangsawanan,
tapi supaya yg punya gelar selalu terikat dengan Rasul, sehingga diharapkan selalu meneladani beliau.Hal ini karena setiap keturunan Sultan Hasanuddin adalah keturunan Rasul mengingat ayah Sultan Hasanuddin yaitu Maulana Syarif Hidayatullah adalah keturunan Rasul.Dan satu-satunya dari wali songo (yg keturunan rasul).
Pada syarif hidayatullah mengalir dua darah utama, yakni dari rasulullah dari ayahnya, sedangkan dari ibunya mengalir darah penguasa padjajaran yang merupakan adik dari Prabu Siliwangi.
Pada zaman dulu yang memakai nama Tubagus & Ratu biasanya identik dengan pandai. ahli dlm soal agama.bisa mangaji,agamis, pendakwah ato memberi manfaat buat org lain. Mendapat gelar TB atau RATU bukan untuk narsis tapi lebih pada untuk periksa diri bahwa kita mendapat tugas untuk memberi manfaat buat orang lain serta menjaga garis keturunan.
Katanya utk mengetes seorang itu Tubagus atau bukan suruh saja menunjukkan silsilahnya, kalo dia tubagus asli,katanya silsilah ini terus dipelihara sehingga nyambung ke Maulana Hasanudian atau ke Syarif Hidayatullah.
Jadi jangan memahami tubagus sebagai gelar kebangsawanan, itu hanya gelar utk keturunan Rasul yg ada di Banten. dan gelar itu bukan utk menyombongkan diri, tapi supaya mereka malu, kalo berbuat maksiat, sebab pada darah mereka mengalir darah Rasulullah, makhluk Allah yang paling dicintaiNya.
Sumber : TUBAGUS ARYA SENCAKI
Editor : Crew Dpplaskar Banten"
Reactions:

0 comments:

Daftarkan Email mu..!!!